Tuesday, December 9, 2008

Citroen XU10 hari berikutnya....

Setelah dapet mesin yang diidamkan yaitu XU10 Citroen, proses saat ini adalah mengkombinasikan beberapa parts XU10 dengan parts XU9, maklum karena mesin XU10 merupakan Injeksi jadi membutuhkan wiring harness dan ECU. Karena tidak punya harness dan ECU nya. Maka mesin XU10 ini bisa jalan bila menggunakan karburator.

Naah, terkait dengan karburator, jadi beberapa parts XU9 diambil diantaranya adalah : Intake Manifold dengan Karburatornya, Top Cover Cylinder Head, Distributor dengan Dudukannya.

Kalo data spesifikasinya XU10..
Kapasitas : 1998 cc
Bore : 86 mm
Stroke : 86 mm
Compression Ratio : 9.5 : 1

Bandingkan dengan XU9
Kapasitas : 1905 cc
Bore : 83 mm
Stroke : 88 mm
Compression Ratio : 8.0:1 s.d. 9.3:1 (yg mesin lama saya yg mana yaa?)

Kalo dari Kompresi rasio aja dah beda tuh.. pasti yahud powernya, terus bore-nya juga lebih gede dengan stroke lebih rendah menandakan mesinnya bertenaga diputaran mesin atas. Teorinya sih, ga tau apa teorinya apa dipengaruhi dari berbagai parts lain. :)

Berikut foto2nya

#01 : Puli Kruk As (ada karetnya, ga seperti XU9)

#02 : Karter Oli


#03 : Intake (hmm masih bersih nih)


#04 : XU10 dengan Top Cover XU9 Karburator


#05 : Sproket tuk Timing Belt


#06 : Exhaust cover


#07 : Cylinder Head (Water Line)


#08 : XU10 & BE3 Gearbox

7 comments:

Anonymous said...

salam kenal bro arief (sorry saya panggil arief aja lebih familiar ok), saya jg punya pug 405 sr. kebetulan karburatornya sudah dimodif abis ama tk karbu. blok mesin juga dah banyak karat terutama di saluran pipa air yang menuju ke radiator.
Saya jadi tertarik untuk mengganti mesin ke xu10 juga, tapi masih bingung masalah no mesin gimana? trs dimana cari mesin pengganti sperti yang didapat mas arief? sejauh ini sih 405 ku lumayan masih bisa diajak lari 145km/h, tapi konsumsi bbm nya gila bener. rata2 dalam kota 1:5, kalo luar kota viat tol bisa 1:10. Dimohon balasanya ya thank.
Oh iya BTW, saya Hery dari bogor.

Arifin said...

no problemo mau panggil arif ato arief pake e.. om herry.. :)

maaf neh baru liat commentnya. masalah legalitas ini saya blm tau.. Namun saat ini saya telah ganti Nomor Polisi (5 tahunan), yang salah satu saratnya menggesek nmr rangka dan mesin. Itu biro jasa yang ngurusnya. Mereka yg gesek nmr mesin lama saya dibengkel. Namun pastikan saja mesin yang anda beli memang mempunyai legalitas dari penjualnya.. kebetulan dari daerah joglo menurut klaim mereka.. mereka importir resmi, tentu bayar pajak dong yah. :)

Dan tentunya simpan lah mesin lamanya.. terutama nomor mesinnya.. tapi saya blm tau persis ya ini legal 100% ato tidak.

btw; emang gila tuh kalo 1:5 kek mbl saya dulu. namun pastikan terkait konsumsi bbm ini tidak terkait dari mesin saja, bisa jadi dari karburator ada saluran yg terbuka, misalnya vakum delconya dah rusak.. atau knalpot om herry ada yg bocor. Seperti pengalaman seorang teman di komunitas Peugeot 405 yang menceritakan borosnya bbm, setelah benahi kebocoran di knalpot kembali irit.

segitu aja dulu.

Anonymous said...

Salam kenal mas arif...

saya pake 405 SR, mo ganti blok mesin nih....gara2 baut engine mounting ke blok mesin ga bisa dipasang (lubang baut di blok mesin pecah)dari pada ribet, mending ganti mesin sekalian biar seger lagi...saya di pesangrahan kebun jeruk, mas arif dapat mesinnya di mana? kalo beli bisa sekalian disang ga? btw saya ada dana 7 jt cukup ga buat ganti mesin+ ongkosnya?

Arifin said...

bisa hubungi langsung importirnya mas. di daerah joglo.. deket kan dg kebon jeruk.. cv 2 sekawan deket dg komplek pemadam kebakaran joglo..

ongkos pasang relatif.. itu tergantung bengkelnya mas..

Anonymous said...

Oh...Bgtu ya om,ada bengkel refensi ga di daerah kembangan ato meruya? Klo ganti mesin perlu ganti selang2 jg kah?

Arifin said...

selang2 masih pake bawaan xu9.. karena konektor selang yg diblok mesin itu menggunakan mesin xu9 yg lama.. mengenai referensi bs kontak saya langsung mas

Anonymous said...

mas arif salam kenal .Harga mesin xu 10 berapa mas .Thanks. Didi