Monday, December 1, 2008

Citroen XU10 Engine telah tiba

Setelah mesin XU9 Peugeot 405 saya dibongkar, yang ternyata blok mesinnya korosi, mulailah mencari referensi mesin pengganti apa yang cocok dengan teman2 di komunitas Peugeot. Memang ada dua pilihan mesin, yaitu XU9 dan XU10. Hmm karena menurut saya mesin XU10 terbuat dari bahan cast-iron yang tentunya lebih tahan terhadap korosi dibandingkan dengan mesin XU9 yang lama.

Tentu saja, saya harus mencari referensi tambahan mengenai bagaimana cara implementasi mesin tersebut ke Peugeot 405 Phase-1 yang standardnya memakai XU9. Apalagi mesin XU10 pemasok bahan bakarnya injeksi, tentu akan ada perubahan di sektor system bahan bakarnya. Ternyata diantara member Peugeot 405 Indonesia sudah ada 2 orang yang positif menggunakan mesin XU10 dengan karburator. Semakin tertariklah untuk pakai XU10, terjadilah diskusi lebih lanjut mengenai cara2nya. :)

Karena itu pilihan yang ada di kepala adalah XU10 merupakan prioritas utama, baru kemudian XU9 lagi. ;)) Mesin yang dicari tentu diharapkan lengkap dengan parts standard yang terkait dengan drive belt mesin tersebut. Alhamdulillah, setelah melihat-lihat berbagai macam mesin, saya mendapatkan mesin lengkap dengan Injector, Alternator, Pompa power steering, Kompresor AC, Koil dan lain-lain.

Mesinnya sendiri dari Citroen. Mengapa Citroen? Kebetulan Peugeot dan Citroen satu group, nama resminya kalo tidak salah PSA Peugeot-Citroen. Karena mesinnya mirip sekali dengan mesin Peugeot 405 Sti yang ada di Indonesia saya memutuskan tuk ambil yang Citroen, karena mesin Peugeot XU10 kondisinya sepertinya dibawah mesin ini. Mesin XU9 sendiri disini dipakai di Citroen BX 19 Gti, sedangkan XU10 nya saya belum tau darimana asalnya, kemungkinan dari varian Citroen ZX yang belum saya lihat beredar di Indonesia. CMIIW.

Setelah memutuskan membeli XU10 pun, disana saya menurunkan 2 mesin. :) Biar keputusan akhir setelah melihat kondisi luar masing-masing mesin itu dilantai. Yaitu Peugeot XU9 dan Citroen XU10. Jadi saya mengabaikan XU10 Peugeot, karena kondisinya sedikit lebih dibawah dan posisi mesinnya terlalu rumit di gudang penyimpanannya. Setelah lebih teliti melihat mesin Peugeot XU9, saya berpendapat ada perbedaan dengan mesin XU9 saya yang lama, dari karburator, distributor dan belalai filter udaranya termasuk kotak filter udaranya. :) Jadi setelah dipikir-pikir, sudah bulat untuk ambil mesin Citroen XU10 saja.

Berikut foto-foto saat proses seleksi sampai dengan setelah dibawa ke bengkel mas bandi.


#01 : Mindah Mesin XU10 dg Forklift
#02 : Citroen XU10

#03 : Peugeot XU9 Engine, ada perbedaan dg yang lama


#04 : XU10 (a)

#05 : Gotong Mesin


#06 : XU10 & My 405


#07 : XU10 Citroen (b)


#08 : Citroen XU10 (c)

#09 : Kompresor AC
#10 : Alternator


#11 : Citroen XU10 (d)

Kesimpulannya, proses ini masih awal, masih ada proses lanjutan terutama mengenai pemasangannya yang menurut saya masih harus diperhitungkan terutama proses memindahkan beberapa bagian mesin XU9 lama ke XU10 ini. Namun tuk sementara saya lebih tenang, karena mesin yang diidamkan telah tiba, tinggal menunggu proses lebih lanjut supaya bisa terpasang dengan baik dan sesuai harapan, supaya berasa naek mobilnya Sebastian Loeb di WRC kali yah :-J. Amin. :)

4 comments:

adrienbeavan said...

mas aripin beli mesin citroenya dimana? n harga berapa ya?
aq rencana mo ganti juga ni... siapa tahu harga ganti mesin lebih murah daripada beli partnya yg hargane selangit.

Arifin said...

bisa hubungi cv 2 sekawan di joglo mas di 0215868287 atau di milis peugeot 405 ada rekan yg jual juga mesin xu10.. bisa tanya langsung ke dia..

Dandi Darmawan said...

Jadinya brp harga beli mesinnya om? Share plz...

ahmad ibnu musa said...

maap om mo tanya masih ada ga mesinnya kta kira berapa ane butuh banget nih buat bx ane