Cek sana-sini memang sepertinya tidak ada setrum yang lari ke kompresor, Freon saat itu dijamin cukup. Kemudian iseng saja nyoba tekan tombol AC eh dia nyala lagi, namun begitu tangan saya dilepas dari tombol tersebut AC off lagi.
Dugaan awal soket belakang tombolnya yang kendor. Dicopotlah tombol tombol tersebut dari dashboard terus bersihkan dengan cairan penetran. Pasang kembali, namun tetep saja. Akhirnya lepas kembali, kemudian di analisa pakai multi tester, dengan cara dihubungi pin-pin dibelakang tombol tersebut, sambil melihat indikator di multi tester. Kondisi switch di posisi ON, terlihat indikator yang harusnya ON saat pin-pin dihubungkan ternyata tidak ada kontak. Kemudian saat ditekan namun tetap di tahan, dia ada kontak kembali.
Foto #01 : Pin belakang tombol A/C
Yakin dengan kondisi tersebut pasti sumber masalah berada di dalam tombolnya. Ya namanya mekanisme kerja antara metal-metal di dalam yang sudah tidak kontak dengan baik.
Dibukalah tombol tersebut, pertama dengan membuka pengait-pengait plastiknya. Memang awalnya takut juga, namun karena sudah ada yang menghibahkan tombol baru, akhirnya berani saja bukanya *yang ternyata tidak sulit*.
Pengait plasti belakang setelah dibuka, kemudian dikeluarkan isinya.
Foto #02 : Isi setelah dibuka Cover luar Tombol A/C
Foto #03 : Metal/Tembaga On-Off Tombol A/C
Retest dengan multitester, dan hasilnya tercapai. Kontak dapat berfungsi dengan baik.
Kemudian rakit kembali tombol dengan cara sebaliknya. Selesai, tombol siap dipakai kembali. :-)
Lumayan hemat kantong buat yang memiliki masalah serupa di mobilnya.
Arifin
1 comment:
pernah juga nih ngalamin hal yang sama kayak gini, ternyata emang ada ada yang kotor aja :)
Post a Comment