Wednesday, May 20, 2009

Peugeot 405 : Regulator Temperature AC ga berfungsi lagi?

Kalo lagi panas banget temperature sih emang ok, namun kalo lagi dingin eh malah bikin mengigil. Memang sih bisa diatur tapi rada sulit posisinya, soalnya puteran temperatur orisinilnya telah dimodifikasi jadi tidak berfungsi lagi. :( Jadinya sekarang pakai termostat yang nempel disekitar area evaporator AC systemnya. Posisinya deket kaki kanan penumpang depan. Jadi harus tiarap dulu ke bawa kaki penumpang depan tuk nyetelnya. ;)

Berhubung ada teman yang pakar elektronika di Peugeot 405 Community. Mohon maaf, namanya tidak bersedia dipublikasikan, katanya dia cukup jadi motivator saya saja tuk menulis ini dan menerapkan pengalamannya dimobil saya. ;))

Tadinya beliau tidak begitu aware dengan permasalahan ini. Padahal saya bilang ke dia, system AC yang ideal itu interval ON-OFFnya kompresor AC hanya sekitar 50% dari keseluruhan ACnya menyala. Naah begitu beliau mulai menghitung OFFnya kompresor mobilnya, baru deh penasaran :))



Pemasalahannya dapat diselesaikannya hanya dalam hitungan hari. Hari sabtunya beliau dah dapat kesimpulannya. Berikut wawancaranya.. :)

Q
kenapa ambil kesimpulan cukup ganti parts termistor aje ;;)
A Kalo dari riset, dibongkar module AC, kemudian pelajari PCB elektronic nya. Ternyata setelah dicari tau, yang teori awalnya: pcb rangakaian tersebut merupakan timer cirkuit, yaitu ON beberapa detik terus OFF beberapa detik. Kemudian dilihat lagi dengan seksama, pin-pin dari IC tersebut, sepertinya banyak kejanggalan dan tidak memenuhi prinsip-prinsip timer.

Riset lagi, cari datasheet tentang IC tersebut. Awalnya susah banget mencari datasheet IC, karena di module AC Peugeot 405 menggunakan kode IC "LM8918" yang mana gw ga nemu2 *mengenai referensinya*
kemudian googling lagi, dipertemukan dengan website yg sangat memberikan pencerahan walaupun websitenya punya orang thailand *bahasa thai* :)

Tapi yg sangat membantu justru kode IC di module AC orang thailand tersebut,
pake kode lain yaitu "LM 311N"
coba lihat ini deh http://www.vlovepeugeot.com/webboard/09065.html
Teori berubah drastis, circuit bukan rangkain timer tapi merupakan rangkaian voltage comparator. Sekarang circuit udah yakin. Kemudian masalah utama nya sekarang sensor utk PIN 1-2. Berpikir keras tuh kira2 seperti apa.

Kemudian
dipelajarilah thermistor. Thermistor ada 2 jenis : PTC dan NTC (Positive & Negatife Temperature Coefficient). Sempet ada lagi sensor digital berupa IC: LM35 (3 kaki) : Vc-, VcOutput, Vc+. Masalahnya sensor LM35 outputnya berupa mili Volt, secara teori tdk mungkin cocok dengan module AC Peugeot 405 karena sistem pengaturan di regulator console tengah menggunakan mekanisme resistansi. Sampai disitu diputuskan : It must be thermistor! dan yakin, mirip cara kerjanya dengan sensor AC di kamar :-D Tau karena sering bersih2 AC kamar.

http://img.alibaba.com/photo/200327620/Epoxy_coated_NTC_thermistor_temperature_sensor_.jpg
ini contoh thermistor, kemudian dengan battery 12 volt. disimulasikan module AC nya, ternyata OK bisa ctak-ctek. Besok pagi nya, nekat nyopot AC rumah ambil sensornya *termistor* langsung pasang di mobil. thermostat yg modif di copot nyalain mesin. Tekan tombol AC hasilnya esuai harapan. :-o
Regulator temperature AC disetel, kalo kekiri kompresor bisa OFF
terus ke kanan bisa ON.

ok... positif... udah yakin banget :-D

trus... ga lama kemudian... cari sensor tsb ke toko AC di kramat jati
wuihh.. cukup mengecewakan... thermistor yg dimaksud ga ada...
adanya ditawarin.. sensor AC LG.. lengkap :-D
kecewa... pulang...
ga ada cara laen... mesti ke GLODOK! :-D

Q
hmm potong dikit.. karena resistansinya LG itu ga sesuai kan?
A bukan :-D
sensor LG yang itu versi digital, pasti pake model IC LM35
ini referensi thermistor grafik
http://www.facstaff.bucknell.edu/mastascu/elessonshtml/Sensors/SensorTvsR.gif

referensi table suhu vs resistansi

rumus konversi Celcius = Kelvin - 273
jadi saat suhu 27 oC = resistansi pada 10KOhm

Q Jadi memang yg paling mendekati aselinya itu di resistansi 10k ohm?
A
ya, lihat grafiknya. ini yg gw bilang kemaren
suhu nol derajat celcius s.d. suhu kamar (33C) grafiknya di range 0 s/d 10KOhm
semakin panas dari itu... resistansi nya... meloncat jauh
rumus equation thermistor nya ditemukan oleh "Steinhart-Hart"
1/T = A + B*ln(R) + C*(ln(R))3 R in W, T in oK :-D
ya udah cukup deh yahhhh ;))
eh maksudnya bukan semakin panas.... semakin mendekati suhu 0 oC

Q
orisinilnya sebetulnya.. seperti termistor jg kan?
A jadi intinya... AC 405 udah canggih
nah bicara orisinil... sepertinya memang thermistor di pasang di evap :-D
tapi entah kenapa... kalo menurut hemat gw... kurang bagus kalau ditempatkan disitu, makanya... mungkin setelah lama kelamaan jadi kurang akurat suhu ambient nya. Karena di ruang evap, kenaekan suhu dan penurunan suhu tergantung kisi2 evap. Which is kalo evap udah kotor... akan berbeda dengan udara yg keluar dari kisi2 AC di dashboard. kenapa begitu???? :-D Ini kembali ke pengalaman AC di kamar gw. :-D
Suhu ruangan sudah mulai ga dingin lagi manakala evap nya kotor, tapi thermistor sensor tetap bekerja

Q
Sebetulnya posisi termis nya itu diantara blower dg evap yaa?
A ya, jadi... pas dibongkar evap ac rumah kalo dipegang dingin. cuma karena mampet... jadi ruangan ga dingin. nah pada saat itu thermistor tetap memeberikan sensor selalu dingin

Q terus gejala cut offnya sama aja dg waktu bersih om?
A jelas beda dong, cut-off kalo lagi kotor evap nya

Q
jd kalo ditarok di kisi ac.. dia palingan bakal bekerja lebih lama aja kan.. karena kotor gitu?
A ON paling beberapa detik, OFF nya yg lama. justru bekerja sebentar saja, tapi evap mobil relatif bersih kali yah, jauh dari kontaminasi luar.

Dengan wawancara tersebut mulailah saya praktekan dimobil saya. Awalnya saya terapkan di dalam evaporator AC, hasilnya saat lama AC nya hidup semakin jarang ON nya lbh lama OFF nya. Kemudian saat dalam masih metode tes, ternyata ada masalah AC ga mau normal, hidup mati terus menerus jadi bunyinya cetrak-cetrek.. berungkali. Ternyata cukup dibersihkan modul regulator temperature AC nya. Modul ini ada dibalik regulator temperature AC tersebut. Tuk membukanya cukup membuka 2 mur dari bawah console switch tersebut.

Akhirnya sekarang termistornya dipindahkan kedalam kisi AC tengah. Nah disini dapet stelan yg ideal menurut saya.

Berikut foto2nya..

#01 : Termistor AC rumah

#02 : Ukur Resistansi Termistor di Es Batu


#03 : Ukur resistansi Termistor di Suhu Udara normal (sekitar 29d Celcius)


#04 : Console Box Regulator Temperature

#05 : Regulator Temperature AC (Internal Part1)


#06 : Regulator Temperature AC (Internal Part2)

10 comments:

Aries K. Putra said...

malam pak, mohon bantuannya, kompresor ac peogeot 405 sri saya bunyi-bunyi dan saya tidak tau harus bagaimana dan kemana, pernah 2 bulan lalu saya ganti di bengkel ac tapi yang ada malah sekarang bunyi-bunyi lagi dan tidak dingin, apalagi tidak ada garansi, mohon bantuannya pak, saya harus bagaimana dan kemana dan kira-kira berapa biaya servicenya, makasih banyak, aries -0818763555-

Arifin said...

permasalahan ac harusnya ditelaah dari yg paling mudah dulu.. yang plg gampang tekanan freonnya standard atau malah berkurang.. Kalau berkurang otomatis tidak dingin dan telah ada kebocoran di system AC.

Kalo kompresor bunyi, terngantung bunyinya gimana?!. Kalau kompresor saya sih bunyi sedikit bunyi nging searah dengan rpm mesin. namun menurut saya masih normal selama msh bs dingin.

Unknown said...

misi mas arif...

blower saya2 tiba mati...dah dicopot konsol nya terus diputer2 kenob blowernya kok kaya ga nyambung ke kabel ato apaan gitu yg di belakang nya....kira2 apa yg copot yah....?

regards,

Eddy- 405 SR

Arifin said...

mas edi, paling mudah sih cek dulu soket diblowernya kendor apa tidak.. soketnya ada dibawah kaki penumpang depan.. lokasi dibawah glove box. kalo ga kendor, coba cek setrumnya..

wildan said...

salam kenal om arifin...tanya apa itu termostat..fungsinya tuk apa?untuk stel karburator supaya stationer/stabil triknya gmn?makasih ya..

Arifin said...

kalau thermostat itu sih bahasa indonesianya mungkin sebagai "pengontrol suhu" jadi fungsinya akan meng ON OFF kan kompresor AC nya.

Karbu kalau mau statisioner ya harus sehat dulu (tidak ada yg cacat partsnya, terutama body karbu ga melengkung. Ini yang terjadi di Solex saya). Kalau fisiknya ok kemudian baru ke parts2 lain dikarbunya. seperti membran2nya masih berfungsi apa tidak.

ari said...

mas arif...tau jual dashboard 405 bekas,tapi msh bagus n murah??ari-08197810595

waskito said...

mas tanya dong. peageout sy 405 sti.. AC kadang hidup dan kadang mati sendiri. Dah di servis ganti relay dan box relay dan udah oke pas dibengkel. Tp sampai rumah mati lagi.. Tak balikin bengkel hidup tp trs mati lg. Kata bengkel sy harus lakuin scan.. gimn mas

Arifin said...

scan yang dimaksud apa nya ya?
sepertinya STi ECU nya ga ada hubungannya dengan AC.
Memang di bengkel AC itu relay nya bawaan asli apa modifikasi dia?

adhitya said...

Mau konsultasi seputaran ac om, 405sti, ac bisa hidup, dingin...tp tdk bs otomatis on/off. Misal di hidupkan pada suhu 20, ac akan on tp tdk mau off walau suhu ruangan sudah dingin bgt. Bila switch temp digeser ke 25 a/c off.
Kira" apa yg hrs saya cek/service, modul ac dan wiring msh standart