Wednesday, July 18, 2012

Renovasi Rumah dengan Hebel

Niat awal untuk renovasi rumah memang sudah ada, namun ingin cari bahan alternatif untuk lantai cor beton yang menurut saya itu komponen yang paling berat dari biaya dan beban konstruksinya juga.

Setelah melihat-lihat pilihan untuk lantai tingkat ada berbagai macam, yaitu : beton, keraton (keramik beton), spandek (tulangan plat besi) dan hebel (beton ringan). setelah di review saya tertarik menggunakan bahan yang paling ringan dan kuat. Spandek awalnya, namun referensi tukang dan material pendukungnya sepertinya lebih sulit. Kebetulan pada saat yang sama teman sedang renovasi yang ternyata menggunakan hebel sebagai materialnya. Tanya-tanya mengenai renovasinya dan yang terpenting harga renovasi-nya.

Akhirnya saya putuskan menggunakan Hebel sebagai material utamanya dengan alasan untuk pemasangan lantai atas lebih cepat karena sudah jadi blok-blok lantai. Walaupun saya masih kepingin juga dengan spandek seperti saya lihat banyak dipakai di gedung-gedung, mungkin di-lain kesempatan akan saya coba juga untuk menggunakan spandek untuk meteri konstruksi lantai atas-nya.

Mulailah design awal dengan sket-sket ruangan atas dan bawah ini dilakukan berdua dengan Istri. Barulah kemudian hubungi kontraktor-nya. Ternyata Pembuatan Pondasi menggunakan cakar ayam sama dengan rumah yang menggunakan cara Cor Beton, yang membedakan Hebel adalah Plat Lantai atas-nya yang modelnya berbentuk panel yang sudah jadi ukurannya bervariasi panjangnya antara 3 - 4 meter dengan lebar 60cm, juga untuk Dinding Bata-nya yang sangat ringan. 
Image 1 : Pori Hebel *sample dari bata hebel*

Image 2 : Lantai hebel tampak sisi samping *sepertinya production date*

Image 3 : Setelah terpasang di lantai 2

Image 4 : Tumpukan plat lantai hebel

Image 5 : Proses pengangkatan plat lantai hebel

Image 6 : Proses pengangkatan plat lantai hebel #2

Image 7 : Proses pengangkatan plat lantai hebel #3
Image 8 : Tampak muka sebelum pemasangan atap

1 comment:

Anonymous said...

Mas,, kl blh sharing per meternya kena berapa ya? Ada rekomendasi kontraktornya? Makasih