Tuesday, October 21, 2008

Membedah Karburator Peugeot 405 (Solex 34-34)

Dikarenakan keingintahuan mengenai karburator mobil ini. Kebetulan memang tidak yakin dengan kondisi karburator mobil saya ini, soalnya di body karburatornya saja kotor. Karena rembes bensin diantara paking body dengan top cover karbu. Kemudian issue berikutnya busi gampang mati ato rada basah gitu yang menandakan sepertinya bensin kebanyakan masuk ke ruang bakar. :(

Mulailah mencari referensi-referensi mengenai karburator ini. Setelah dapat beberapa diagram referensi mengenai Solex 34-34 yang juga banyak dipakai oleh Citroen terutama Citroen BX. Maka, semakin beranilah tuk membedahnya.

Gbr atas : Karbu komplet dari depan, lengkap dg Idle Up AC..

Gambar atas : posisi dari belakang. deket dengan firewall..

Gambar atas : posisi samping kiri, yg menuju filter udara..

Gambar atas : Dari bawah karburator

Gambar atas: Dari bawah #2


Berikut saya coba ceritakan bagaimana proses pembukaan/pemretelan karburator Solex ini. Maaf ya cuma bongkar dan merakit ulang aja. Karena beberapa masalah yang ada di karburator ini sepertinya tidak bisa saya benerin. Mungkin kalo ada yang tau caranya bisa dikasih tau.. Please :D

Pertama-tama adalah melepas selang2 vakum yang menempel ke karburator tersebut, kemudian lepaskan kabel gas dan selang-selang air auto-chokenya (lingkaran warna kuning), melepas selang bensin (lingkaran warna merah), kemudian untuk melepaskan karburator komplet dari intake manifold mobilnya dengan cara melepas 4 baut dibawah karburatornya dengan kunci L bintang.
Setelah itu ke 4 baut tersebut dibuka. Tinggal ditarik keatas.


Setelah karburator terangkat, langkah selanjutnya mempretelin karburator sampai isi-isinya. hmm cukup obeng aja deh yang kerja keras. Pertama kali buka mur untuk penutup top body karburator. Ada 4 baut. Buka satu persatu. Setelah terbuka maka isinya terlihat seperti gambar dibawah ini.





Kemudian dicoba juga mempreteli bagian samping dari body karburator. Diantaranya ada kotak segi empat yang merupakan accelerator pump. seperti gambar dibawah ini.



Sayang sekali karbu ini sekrupnya, tepatnya mal sekrup di body karbu ini dah dol :( Mungkin karena kualitas material Solex ini yg kurang baik. Karena banyak kasus karburator Peugeot 405 sekrup2nya yang dol.

Kemudian bagian samping yang lain adalah Enrichment Diafragma, yg dibungkus oleh segitita seperti gambar dibawah ini.

Gambar atas : membran enrichment diafragma.

Gambar atas : Housing enrichment diafragma

Ternyata dibagian ini. Setelah ditest koq ngocor bensin terus yaa.. Pantesan lubang vakumnya ini ditutup dari dulu. :(
Wah makin berat nih. Kira2 ada yang tau cara benerin ini? Plis kasih tau yaah. Penting! :)

Selanjutnya pemeriksaan karbu secara umum. Yang paling mudah bagian bawah karbu harus rata. Sayangnya nih. Sekali lagi sayang.. ternyata karbu ini sudah melengkung. :(( Build material nya yg jelek kali ya.
Cara ngeceknya tgl ambil penggaris aja terus disejajarkan deh penggaris ke body bawah karbu tersebut. Kalo ada celah ditengah2 penggarisnya. Pastinya melengkung.

Gambar atas : Melengkung pada bagian pinggir karburator.

Aslinya karbu ini menggunakan automatic choke. Sayang bagian Automatic Chokenya dah sekarat juga. Sepertinya di Membran untuk automatic choke-nya sudah keras, seperti keripik gitu :)

Walaupun bagian penarik ke kondisi normal apabila mesin telah panas sepertinya masih berfungsi.

Berikut foto-foto Spuyer, Spuyer primary ventury 117 sedangkan yang secondary venturynya 122. hmm.. cukup besar juga ya. Gambar berikutnya merupakan parts dibawah Spuyer. Kemudian gambar Jarum Idle.

Gambar atas : Spuyer standard

Gambar : Spuyer mirip seruling
Gambar atas : Jarum Idle

Gambar berikut merupakan isi dari katup ventilasi karburator Solex, yg terdiri dari solenoid, per dan klep karet yg tidak tampak dalam gambar, letaknya diujung plg kanan terpasang seperti paku payung.

Gambar atas : Solenoid ventilated valve

Gambar atas : Pelampung dan Ketinggiannya harus diukur

Gambar atas : Thermostatic Capsule.

Demikian proses bedah karbu Solex 34/34.
Untuk memasangnya kembali bisa dimulai dari urutan yang paling belakang proses diatas.

3 comments:

Rudy H said...

Terimakasih atas informasinya...
saya pake P 405 SR, sering banjir karbunya, nanti saya coba bongkar!

Anonymous said...

sebenarnya bukan karbu solexnya yang jelek bro tapi dari pemilik terdahulunya yg gak bisa rawat alias main bongkar n main by pass aj, wah sayang bgt bro, aq punya kombi pake solex 34 baik2 aj, klo bro gak mau ribet pake punya vw aj bro, komponenya gak ribet kaya punya pug 405 SR. secondya masih mahal bro, dudkannya sama kok. klo gak mau ribet pake punya jepang aj bro, cuman lubang vakumnya sama idle ac nya agak repot masangnya. salut bro brani bongkar sendiri aq aj mikir klo mo bongkar. taku dol he..he..he..

Anonymous said...

Maaf mau tanya, ...
Posisi 'Jarum idle' disebelah mana ya ? Mau setel nie blm tahu tempatnya, ..mksh