Tuesday, November 18, 2008

Sad Story about My Peugeot XU9 Engine

Setelah sekian lama melalang lintang, mengantar kesegala penjuru jalan. :P Akhirnya tanda-tanda harus turun mesin benar2 terjadi. :(
Gejala awal dimulai setelah diajak lari-lari kecil di Jagorawi. Beberapa lama kemudian, saat udara masih dingin, karena di pagi hari. Rutinitas adalah ngecek ketinggian air radiator. Sewaktu lagi buka tutupnya, tiba-tiba.. jessss.. Air muncrat dari mulut pengisian air. Aneh, mesin dingin tapi air keluar tumpah gitu.

hmm.. gejala apa nih?. Ah.. ga perlu dipikirin. Palingan lagi masuk angin gitu :)
Isi air lagi dan bleeding cooling systemnya. Dibawa jalan lagi deh. Langsung tancep ke Bogor via Jagorawi lagi :)

Pas keluar di Bogor. Kondisi jalan lancar, ternyata temperature tidak memperlihatkan kondisi yang seperti biasa, dia mudah sekali ke 90d Celcius. Namun sulit untuk turun. :(
Akhirnya setelah sampai ditujuan. Setelah dingin, buka tutup radiator lagi. Tumpah lagi tuh. Rutinitas bleeding lagi deh dan temperature kembali normal.

Perjalanan dilanjutkan kembali keliling Bogor. Kemudian pulang via Jagorawi ke Jakarta macet juga rutenya. Total 2,5jam tuk sampe rumah. Alhamdulillah temperature lancar. Hmm.. dah beres kalo gitu pikirnya.

Pagi hari, saat mau dibawa ngantor, seperti biasa cek air radiator lagi. Tumpah lagi ternyata. Wah semakin was-was aja nih, tapi karena itu merupakan Tour of Duty nganter nyokap, harus jalan nih, bisa marah2 beliau kalo ga dianter. :J

Memang temperature stabil, tapi tidak seperti biasanya yang ini susah sekali turun. Walaupun sampai kantor dengan selamat. Nah mulailah petaka terjadi, malem sblm pulang cek radiator seperti biasa tumpah lagi tuh. Lakukan prosedure standard.

Kemudian start engine, wah gak mau hidup tuh. :( Setelah lama ga mau hidup. Diputuskan tuk buka Busi. Busi nomor 4 dibuka hasilnya normal, busi nomor 1, normal. Ternyata, busi nomor 2 dan 3 ada airnya. Wah ini sih terjadi rembes air radiator kearea pembakaran. So, diputuskan untuk meng-grounded 405 tuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Setelah nyampe dibengkel. Dibedahlah mesin, angkat cylinder head. *gleg* ternyata beginilah hasilnya.

#01 : Engine Blok

#02 : Korosi di Blok Engine 1

#03 : Korosi di Blok Engine 2


#04 : Korosi di Blok Engine 3

#05 : Korosi di Blok Engine 4

#06 : Cylinder Head

#07 : Cylinder Head Jalur Air

#08 : Cylinder Head Jalur Air 2

#09 : Paking Head

Sedih deh. Jadi apa yang harus dilakukan berikutnya ya? Ada alternatif yang sedang diburu. Always Optimist :)